Mei 21, 2017

DIKEJAR ORDERAN DARI GADGET



Nemu catetan yang berserak. Entah ini kesimpen sejak kapan, yang pasti ini catetan waktu ikutan workshop bisnis online "DIKEJAR ORDERAN DARI GADGET" yang tiket masuknya pun (nggak sengaja) dapet dari borong buku di Gramed. Pengisi acaranya Hermas Puspito (CEO PT. Ednovate & Founder WEB PRAKTIS) sama Seno Aji Airlangga (Praktisi Marketing Online).


Acara pertama itu kenalan, bukan kenalan sama sumbernya aja tapi juga antara peserta yang dateng. Karena ini workshop bisnis ya pastilah yang dateng para pengusaha, nggak semua sih, ada juga yang baru pingin merintis usaha. Karena aku dateng ke sini (sebenernya) cuma iseng, waktu kenalan sama mereka ditanyain, "Usaha apa, Mbak?" | Usaha melupakan masa lalu. Aku cuma jawab dengan senyuman sambil mikir mau usaha apa. Mungkin nanti ternak kambing buat dijualbelikan. Hoho. Ya, seenggaknya kontak para pengusaha ini kesimpenlahya. Ada pengusaha sambel, kerajinan batik, server pulsa, electro acupuncture, home-based, event organizer, hijab, dannnn itu aja yang kecatet.


Jadi,


sempet nyatet dalam bentuk point-point gitu, semoga bisa dipahami yak.
  • SELARASKAN IMPIAN KITA DENGAN TUHAN. Kalimat pertama dalem catetanku di workshop bisnis. Bisa diartiin sendiri ya maksudnya apa. Ini juga entah kenapa bisa kalimat ini yang pertama kecatet.
  • Ngumpulin semut dari medsos, kayak microsite, FB, instagram, twitter, kaskus, google+, youtube, pinterest, formspring, dll.
  • MARKET PLACE. Tokopedia, bukalapak, kaskus, OLX, LoLagiLoLagi, dll.
  • Ubersuggest.org → untuk tau keyword apa yang dicari orang. Caranya: ambil 15 keyword, masuk ke forum, login/bikin akun dulu.
  • PENTING! Foto jangan lupa.
  • CARA MARKETING:
Ø  Instagram (pake nama yang bagus) Power ada di visual
  1. Upload minim 50 foto, pake hesteg, cari produk yang sama, cari follower paling banyak, contoh hesteg mereka, kemudian upload. Jangan upload foto produk terus yak, kasih foto quotes kita sendiri (phonto), tujuannya buat nambah follower.
  2. Upload foto (pagi, siang, malem) ato dibikin instagram stories.
  3. SFS = kita saling promote (search #SFS) produk lain.
  4. Endorse. Semisal dapet seleb, minta diupload di Path, soalnya di Path sifatnya personal. Kalimat testimoni kita sendiri yang bikin.

Ø  Aplikasi Chat (Line, BBM, WhatsApp, dll)
- BBM
Display name -> !Produk | Nama Kita | No. HP 
Kenapa pake (!) di depan? Karena nama kita akan muncul di awal kontak.
Display picture -> model, tiap gambar jangan lupa dikasih watermark kontak kita. Packing, kasih caption. Misal, “alhamdulillah orderan hari ini ...”. Testimoni, yang paling powerfull adalah dicapture, harus real!
Kategori Kontak. Pisahin kontak yang pernah order dan nggak pernh order.
Autotext.  Fungdinya buat jawabin customer secara otomatis.
 
Ø  Database Customer
Nama. Email. Kota. Tanggal lahir/umur (tujuannya buat sasaran pasaran). No HP. Tau kontak kita dari mana, tujuannya buat tau habitnya.

Ø  HIPNOTEXT “Visualisasi Diskon/Harga”
Contoh 1:
§    Diskon 15% - 30% (X)
§    Diskon sampai 30% (V)
Contoh 2:
§    Promo! Hanya 30ribu, khusus hari ini! (X)
§    Cuma 70ribu 30ribu, khusus hari ini! (V)

Ø  Lipatgandain omset dengan nawarin lagi.      
§   “Nggak sekalian sama produk A, ongkirnya jadi 
     cuma sekali loh.” 
§  “Sis, tambah produk B aja, nanti dapet bonus 
    produk C, free ongkir.”

· MEMINIMALISIR brosur biar nggak dibuang. Misal: “Brosur ini jangan dibuang -potong di sini- 

·   Memaksimalkan SOSMED
1.        Pilih media dan fokusin satu topik
2.        Tentuin target
3.        Konten yang positif
4.        Konsisten. Aktif nawarin.
5.        Saling support

·  PAKE softselling, jangan sampe dikenal sebagai tukang jualan

·   JUAL kelebihanmu. Misal:
1.      Sangat mudah, SEMUA ORANG bisa.
2.      Lebih TERJANGKAU.
3.      Lebih AMAN.
4.      DOMAIN nggak perlu bayar.

Kenapa WEBSITE penting?
- Orang pasti nanya
- Sebagai brosur digital
- Toko yang ‘buka’ 24/7 

Syarat WEB BAGUS.
ü  Domain berbayar (.com, .net, .org, .co.id, dll)
ü  Aman dari hacker
ü  Gampang dioperasiin, bahkan dari HP
ü  Punya situs SEO lengkap
ü  Terintegrasi sama sosmed lain
ü  Ada fitur email, fitur labelling produk
ü  Kalo toko OL ada fitur chart
ü  Ada fitur berganti tema desain
ü  Responsif terhadap mobile
ü  Ada banner iklan promosi
ü  Ada fitur artikel buat blog

 3 TIPS simpel tapi ampuh buat SEO
1.  Tentuin kata kunci > google suggestion
2. Rutin nulis artikel > minim 3 artikel per minggu
3. Tempatin kata kunci dalam artikel > minim 3 kata kunci per artikel, maksimal 10 kata kunci. Kenapa kata kunci? Soalnya Google nyari keyword yang sering dicari. Jadi yang bakalan muncul di awal yang sering dicari.

Sekian dulu sharing catetan berserak ini. Paham nggak paham sama point-point di atas, dikira-kira aja positifnya gimana, yak! Semoga usahanya yang udah jalan makin sukses, yang baru merintis segera melejit. Salam dari bankers abal-abal 😜😜😜

Tidak ada komentar: