Nemu catetan yang berserak. Entah
ini kesimpen sejak kapan, yang pasti ini catetan waktu ikutan workshop bisnis
online "DIKEJAR ORDERAN DARI GADGET" yang tiket masuknya pun (nggak
sengaja) dapet dari borong buku di Gramed. Pengisi acaranya Hermas Puspito (CEO
PT. Ednovate & Founder WEB PRAKTIS) sama Seno Aji Airlangga (Praktisi
Marketing Online).
Acara
pertama itu kenalan, bukan kenalan sama sumbernya aja tapi juga antara peserta
yang dateng. Karena ini workshop bisnis ya pastilah yang dateng para pengusaha,
nggak semua sih, ada juga yang baru pingin merintis usaha. Karena aku dateng ke
sini (sebenernya) cuma iseng, waktu kenalan sama mereka ditanyain, "Usaha
apa, Mbak?" | Usaha melupakan masa lalu. Aku cuma jawab dengan senyuman
sambil mikir mau usaha apa. Mungkin nanti ternak kambing buat dijualbelikan.
Hoho. Ya, seenggaknya kontak para pengusaha ini kesimpenlahya. Ada pengusaha
sambel, kerajinan batik, server pulsa, electro acupuncture, home-based,
event organizer, hijab, dannnn itu aja yang kecatet.
Jadi,
sempet nyatet
dalam bentuk point-point gitu, semoga bisa dipahami yak.
- SELARASKAN IMPIAN KITA DENGAN TUHAN. Kalimat pertama dalem catetanku di workshop bisnis. Bisa diartiin sendiri ya maksudnya apa. Ini juga entah kenapa bisa kalimat ini yang pertama kecatet.
- Ngumpulin semut dari medsos, kayak microsite, FB, instagram, twitter, kaskus, google+, youtube, pinterest, formspring, dll.
- MARKET PLACE. Tokopedia, bukalapak, kaskus, OLX, LoLagiLoLagi, dll.
- Ubersuggest.org → untuk tau keyword apa yang dicari orang. Caranya: ambil 15 keyword, masuk ke forum, login/bikin akun dulu.
- PENTING! Foto jangan lupa.
- CARA MARKETING:
Ø Instagram (pake nama yang bagus) Power ada di visual
- Upload minim 50 foto, pake hesteg, cari produk yang sama, cari follower paling banyak, contoh hesteg mereka, kemudian upload. Jangan upload foto produk terus yak, kasih foto quotes kita sendiri (phonto), tujuannya buat nambah follower.
- Upload foto (pagi, siang, malem) ato dibikin instagram stories.
- SFS = kita saling promote (search #SFS) produk lain.
- Endorse. Semisal dapet seleb, minta diupload di Path, soalnya di Path sifatnya personal. Kalimat testimoni kita sendiri yang bikin.
- BBM
Display name -> !Produk
| Nama Kita | No. HP
Kenapa pake (!)
di depan? Karena nama kita akan muncul di awal kontak.
Display picture -> model,
tiap gambar jangan lupa dikasih watermark kontak kita. Packing, kasih
caption. Misal, “alhamdulillah orderan hari ini ...”. Testimoni, yang
paling powerfull adalah dicapture, harus real!
Kategori Kontak. Pisahin kontak yang pernah order dan nggak pernh order.
Autotext. Fungdinya buat jawabin customer secara otomatis.
Ø Database Customer
Nama. Email. Kota. Tanggal lahir/umur (tujuannya buat
sasaran pasaran). No HP. Tau kontak kita dari mana, tujuannya buat tau
habitnya.
Ø HIPNOTEXT “Visualisasi Diskon/Harga”
Contoh 1:
§
Diskon 15% -
30% (X)
§
Diskon sampai
30% (V)
Contoh 2:
§
Promo! Hanya
30ribu, khusus hari ini! (X)
§
Cuma 70ribu
30ribu, khusus hari ini! (V)
Ø Lipatgandain omset dengan nawarin lagi.
§ “Nggak sekalian
sama produk A, ongkirnya jadi
cuma sekali loh.”
§ “Sis, tambah produk B aja, nanti dapet bonus
produk C,
free ongkir.”
· MEMINIMALISIR
brosur biar nggak dibuang. Misal: “Brosur ini jangan dibuang -potong di sini-
· Memaksimalkan
SOSMED
1.
Pilih media dan
fokusin satu topik
2.
Tentuin target
3.
Konten yang
positif
4.
Konsisten.
Aktif nawarin.
5.
Saling support
· PAKE softselling, jangan sampe dikenal
sebagai tukang jualan
· JUAL kelebihanmu. Misal:
1.
Sangat mudah, SEMUA ORANG bisa.
2.
Lebih TERJANGKAU.
3.
Lebih AMAN.
4.
DOMAIN nggak perlu bayar.
Kenapa WEBSITE penting?
- Orang pasti nanya
- Sebagai brosur digital
- Toko yang ‘buka’ 24/7
Syarat WEB
BAGUS.
ü Domain berbayar (.com, .net, .org, .co.id, dll)
ü Aman dari hacker
ü Gampang dioperasiin, bahkan dari HP
ü Punya situs SEO lengkap
ü Terintegrasi sama sosmed lain
ü Ada fitur email, fitur labelling produk
ü Kalo toko OL ada fitur chart
ü Ada fitur berganti tema desain
ü Responsif terhadap mobile
ü Ada banner iklan promosi
ü Ada fitur artikel buat blog
3 TIPS simpel
tapi ampuh buat SEO
1. Tentuin kata
kunci > google suggestion
2. Rutin nulis
artikel > minim 3 artikel per minggu
3. Tempatin kata
kunci dalam artikel > minim 3 kata kunci per artikel, maksimal 10 kata
kunci. Kenapa kata kunci? Soalnya
Google nyari keyword yang sering dicari. Jadi yang bakalan muncul di awal yang
sering dicari.
Sekian dulu
sharing catetan berserak ini. Paham nggak paham sama point-point di atas,
dikira-kira aja positifnya gimana, yak! Semoga usahanya yang udah jalan makin
sukses, yang baru merintis segera melejit. Salam dari bankers abal-abal 😜😜😜
Tidak ada komentar:
Posting Komentar